Disqus for langgart

Rabu Putih dan Amplop Kerakyatan


Mendekati pemilihan umum yang katanya rahasia, akan tetapi nyatanya sudah tidak rahasia lagi adanya simbolisasi berbaju putih. Tidak ada rahasia lagi diantara kita, tiba-tiba kedatangan tamu. Bawasanya ia menyampaikan kalau di wilayahnya sudah kedatangan tamu agung calon wakil rakyat. Ternyata calon wakil rakyat itu bernama amplop sak isine.

Barangkali tidak sekadar omong kosong, semua mengatasnamakan rakyat. Sebuah istilah, simbol atau apalah jika mendengarkan nama kerakyatan seakan-akan menjadi berhala. Kerakyatan menjadi idola yang terus saja diteriakan bagi semua yang berkepentingan.

Mereka menginginkan pemimpin yang merakyat. Bahkan Dewan Perwakilan Rakyat itu menjadi perlambang kerakyatan. Jika mengatasnamakan rakyat, ketika mereka sudah jadi anggota dewan maka pakaian yang mereka pakai seharusnya dilepaskan. Jika bicara di hadapan rakyat sudah tidak lagi berbaju partai.

Jika mereka korupsi sudah tidak lagi berbaju partai. Sehingga ketika kena OTT KPK yang jadi bualan omong kosong partai politik yang mengusungnya, tapi menjadi reinterprestasi dari rakyat itu sendiri. Kenyataanya mereka adalah perwakilan dari partai-partai. DPR pun hanya sekadar wadahnya orang-orang partai yang berlindung diketiak perwakilan rakyat.

Jadi jika ada partai atau individu mengatasnamakan rakyat itu hanyalah omong kosong, yang mereka butuhkan suara rakyat. Maka yang blusukan dan sok merakyat bukan dirinya yang nantinya mewakili rakyat, justru sembako dan selembar rupiah.

Semakin memahamkan bawasanya wakil rakyat yang baik adalah mereka yang memberikan sesuatu. Begitupun sebaliknya rakyat menyatakan pemimpin atau wakil rakyat yang baik adalah mereka yang dapat memberikan kontribusi bagi dirinya.

Wahai calon wakil rakyat, rakyat tidak butuh diri anda sebagai pribadi yang merakyat. Rakyat hanya membutuhkan apa yang bisa anda berikan kepada mereka.

“My nation is humanity (kebangsaan saya adalah perikemanusiaan)”
(Mahatma Gandhi)

Lukni An Nairi
16/04/2019

Post a Comment

0 Comments