Disqus for langgart

Ibu Kota DKI Jakarta Makin Islami Jakarta Muharram Festival

Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam sistem kalender atau penanggalan Hijriah. Dinamakan bulan Muharram yang memiliki maksud "diharamkan" atau "tidak diperbolehkan" adanya peperangan atau pertumpahan darah.

Muharram di dalam bahasa Arab artinya adalah waktu yang diharamkan. Sebagaimana Allah Swt berfirman:

{ إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ }

Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu di keempat bulan itu” (QS At-Taubah: 36)

Diriwayatkan dari Abu Bakrah radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

((… السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلاَثَةٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَان.))

Setahun terdiri dari dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram, tiga berurutan, yaitu: Dzul-Qa’dah, Dzul-Hijjah dan Al-Muharram, serta RajabMudhar yang terletak antara Jumada dan Sya’ban. “


Muharram merupakan bulan yang penuh dengan keutamaan dan kemuliaan. Karena memiliki keutamaan maka perlu adanya rasa syukur dan memahami hikmah penting dan utamanya bulan muharram.

Terobosan Pemerintah DKI Jakarta menyelenggarakan Jakarta Muharram Festival (JMF) perlu diapresiasi. Berbagai hiburan seperti kuliner, tarian pawai. obor elektrik, water screen projection laser dan musik dalam festival ini.

Selain itu juga sejumlah artis ternama juga bakal ikut memeriahkan seperti Pasha Ungu, Irfan Hakim, Ari Untung dan tidak lupa hiburan musik seperti Potret, Kotak, Wali,Koes Plus Jr, Hijab Band dan band lainnya.

Selain beragam hiburan tampil juga Ustadz Syam dan Ustadz Maulana yang akan turut memeriahkan JMF ini karena akan langsung dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tampak DKI Jakarta semakin islami adanya Festival JMF ini, tidak hanya permainan, kegiatan budaya, musik, tapi juga melibatkan tokoh-tokoh agama. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Sabtu 31 Agustus 2019 pada pukul 17.00 -23.00 Wib di Main stage Bundaran HI dan Mini Stage Terowongan Kendal.

Post a Comment

0 Comments